Oleh: Agung Permana Budi | Penerbit: Andi | Tahun: 2013 | ISBN: 9789792939798

Tingkatkan strategi pemasaran hotel Anda dengan panduan mendalam dari pakar industri, Agung Permana Budi. Buku ini mengupas tuntas karakteristik unik pemasaran di industri perhotelan, di mana keputusan pembelian bersifat jangka pendek dan sangat dipengaruhi oleh emosi.

Pelajari cara membangun citra merek yang kuat, mengelola lingkungan fisik, dan merancang strategi komunikasi yang efektif untuk menjangkau calon tamu dan mempertahankan pelanggan setia. Buku ini menyajikan analisis mendalam tentang perilaku konsumen dan proses pengambilan keputusan mereka, memberikan Anda wawasan berharga untuk menyusun strategi yang tepat.

Dibekali dengan 130 halaman pengetahuan praktis, buku ini adalah investasi penting bagi pemilik hotel, manajer, mahasiswa hospitality, dan semua profesional yang ingin unggul dalam persaingan.

Topik Utama yang Dibahas
Manajemen Pemasaran – Fondasi dasar dan prinsip-prinsip pemasaran modern.
Pemasaran Jasa Hotel – Penerapan spesifik pemasaran jasa pada konteks perhotelan.
Analisis Perilaku Konsumen & Keputusan Pembelian – Memahami motivasi dan kebutuhan tamu.
Segmentasi dan Penargetan Pasar – Mengidentifikasi dan menjangkau pasar sasaran ideal.
Positioning sebagai Strategi Diferensiasi – Membangun keunikan dan nilai tambah usaha.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Bisnis Jasa – Mengoptimalkan Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.
Riset Pemasaran & Informasi Pasar – Teknik pengumpulan data untuk pengambilan keputusan.

Definisi

  • Nilai Tambah (Value Added): Manfaat atau layanan ekstra yang diberikan kepada tamu di luar layanan inti (menginap) untuk meningkatkan kepuasan dan menciptakan pembeda dari kompetitor. Contohnya adalah welcome drink, akses gratis ke lounge, atau layanan concierge yang personal.
  • Bauran Pemasaran (Marketing Mix): Serangkaian variabel atau taktik yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk memengaruhi respons konsumen. Dalam pemasaran jasa, bauran ini diperluas menjadi 7P, yang mencakup aspek produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik.

Informasi Lebih Lanjut dan Pembelian klik di sini.